Friday, August 23, 2019

Cara menjadi peringkat pertama

Cara Mendapatkan Rangking Satu Arul

Sebenarnya ini strategi saya untuk menjadi juara satu. Saya tidak pernah membaginya untuk orang lain. Karena saya sudah bukan anak sekolahan, saya tidak lagi takut mendapat saingan. Jadi, saya akan membagikan rahasia ini untuk kamu. Coba saya ingat-ingat dulu. Nah…. ini dia cara dan tips-tipsnya :

1. Bulatkan Niat dan Tekad

Pertama-tama tentu saja diawali dengan niat. Kamu harus membangun komitmen yang kuat bahwa kamu tidak akan mengeluh dengan semua kerja keras yang dibutuhkan. Butuh perjuangan sepanjang 6 bulan ke depan.
Coba tuliskan di buku harianmu mengapa kamu sangat menginginkan menjadi juara di kelas kamu? Kalau kamu merasa terlalu lelah berusaha di kemudian hari, kamu akan termotivasi untuk segera bangkit dan tidak malas-malasan. Memang saya sudah menuliskan motivasi yang baik untuk mendapat rangking satu. Tapi semua akan lebih berarti jika kamu menulis dengan bahasamu sendiri.
Tulisan dari diri sendiri lebih mudah memacu semangat belajarmu dibanding tulisan orang lain. Oleh karena itu, jangan buang-buang waktu. Segera tuliskan dengan caramu sendiri mengapa kamu sangat menginginkan posisi rangking satu di kelasmu.

2. Posisi Menentukan Prestasi

Cari tempat duduk yang terdepan atau baris ke dua dari depan. Posisi tempat dudukmu akan memiliki peranan penting untuk keberhasilanmu. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mendengarkan penjelasan gurumu dengan fokus atau menghindari niat bercanda dengan teman sebangku saat pelajaran berlangsung.
Kalau bisa pilihlah teman yang juga berkeinginan untuk rangking satu. Persaingan sehat dengan teman sebangku tidak akan membuat kalian bertengkar, justru akan tercipta persahabatan yang unik karena kalian menginginkan hal yang sama. Kamu bisa melihat bagaimana usaha teman sebangkumu untuk menjadi juara. Dan itu akan membuatmu terpacu untuk berusaha lebih keras dari apa yang dilakukan oleh teman sebangkumu.

3. Belajar Secara Teratur dan Kerjakan PR dengan Baik

Belajar tidak perlu lama-lama, yang penting rutin dan teratur. Saya biasa belajar selama 2 jam dalam sehari. Biasanya waktu saya habiskan untuk membaca kembali pelajaran yang sudah dijelaskan di kelas. Juga mengerjakan beberapa soal di buku meskipun tidak disuruh oleh guru.
Ada lagi satu cara yang paling efektif untuk belajar. Itu adalah mengisi TTS. Selain membiasakan otak agar terbiasa berpikir, mengisi TTS membutuhkan banyak pengetahuan. Saya harus membuka banyak buku untuk bisa menjawab semua pertanyaan yang ada di TTS. Saya tantang kamu untuk menyelesaikan TTS. Apakah kamu berani dan cukup cerdas untuk menjawab semua pertanyaan?

4.Akrablah dengan Guru-Gurumu di Sekolah

Ini cara licik saya. Tapi semuanya bekerja sebagaimana mestinya. Cobalah untuk mendekati gurumu secara personal. Bukalah percakapan dengan guru-gurumu ketika istirahat.
Saya pernah menjadi wakil ketua kelas. Itu sangat memudahkan saya untuk akrab dengan para guru. Saya sering membawakan tugas ke ruang guru dan kadang-kadang sang guru berbasa-basi ngobrol dengan saya secara pribadi. Juga fakta bahwa saya memiliki keberuntungan yang besar. Kebanyakan guru saya telah mengenal sosok bapak-ibu saya yang berjualan di pasar sehingga bisa memuluskan rencana saya.
Bagaimana pun juga, di masa remaja saya hanya mengetahui satu hal, seorang guru yang terikat secara emosional lebih mudah memberi nilai yang saya inginkan jika saya mampu menjaga kelakuan di mata para guru.

5. Berdo’a

Agar kamu lebih nyaman saat berjuang, kamu juga harus berdo’a. Berdo’a dengan sungguh-sungguh bisa meningkatkan kepercayaan dirimu untuk mendapatkan rangking satu karena kamu meminta kepada Tuhan.
Buat apa kamu menjadi anak yang pintar dan disegani banyak orang kalau kamu tidak bisa menjadi orang baik seperti yang diinginkan oleh Tuhan. Percayalah Tuhan akan membantumu untuk mewujudkan semua impianmu. Hanya saja kita tidak pernah tahu bagaimana Tuhan bekerja mewujudkan keinginanmu.
Saya rasa 9 cara diatas sudah lebih dari cukup untuk memberimu sedikit pandangan bagaimana mendapatkan rangking satu di kelas. Di lain waktu saya akan memberi trik-trik yang lebih spesifik bagi kamu.
Share:

0 comments:

Post a Comment